Cloud Web Hosting vs VPS: Apa bedanya?

Hosting web VPS dan hosting awan adalah opsi hosting web yang populer. Namun, mereka bisa bingung satu sama lain. Kedua jenis hosting ini menjalankan beberapa situs web, tetapi masing-masing tidak bergantung satu sama lain. Apa bedanya? klik disini.

Sebagian besar perbedaan di antara mereka ada di server tempat perangkat lunak dijalankan. VPS biasanya terdiri dari satu server fisik tunggal. Perangkat keras dan perangkat lunak seringkali lebih canggih daripada komputer biasa. Server fisik ini akan menampung banyak situs web. Meskipun situs web ini berbagi ruang fisik yang sama, mereka dipisahkan oleh perangkat lunak virtualisasi dan hypervisor. Setiap situs web memiliki sejumlah sumber daya. Mereka tidak pernah mengganggu satu sama lain.

Cloud web hosting sangat berbeda.

Cloud web hosting adalah cara untuk meng-host beberapa situs di satu server. Seperti VPS, mereka tidak saling mengganggu. Cloud hosting berbeda dari VPS karena biasanya tidak bergantung pada satu server. Cloud hosting, di sisi lain, didasarkan pada sekelompok server, yang disebut cloud. Awan dihubungkan bersama dan tumpang tindih untuk saling memberikan dukungan.

Ketika satu cloud membutuhkan penyimpanan atau bandwidth tambahan, cloud lain akan menyediakannya. Setiap cloud dalam cluster dapat berbagi sumber daya dan mendukung satu sama lain, meskipun sepenuhnya independen.

Kedua jenis hosting tersebut memiliki opsi penyimpanan yang berbeda. Dalam kebanyakan kasus, VPS disimpan dekat dengan host. Cloud hosting menggunakan server yang terletak di lokasi terpencil yang tidak dapat diakses langsung oleh host. Untuk perusahaan dan individu yang membutuhkan akses ke server dari waktu ke waktu, ini mungkin penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *